Semua tentang Opini Saya

PSSI ternyata tidak punya malu, meniru konsep LPI

Posted on: 24 Januari 2011

Banyak konsep masa depan sepak bola Indonesia diusung oleh Liga Primer Indonesia (LPI). Dengan konsep ini tidak salah jika banyak dukungan yang mengalir untuk LPI. Termasuk dukungan dari pemerintah melalui Menpora.

PSSI sebagai pihak yang menolak LPI, berupaya dengan segala cara, bahkan cara jahat pun dilakukan, agar LPI gagal bergulir. Tetapi sampai sejauh ini upaya PSSI ini selalu gagal karena ternyata jauh lebih banyak yang mendukung LPI dari pada yang menolak.

Tetapi ternyata, walaupun benci dengan LPI, PSSI ternyata meniru konsep LPI. Banyak konsep LPI ternyata kemudian diadopsi oleh PSSI. Sebuah langkah yang tidak tahu malu. Benci tapi meniru.

Sepakbola tanpa APBD

Walaupun sudah lama didengungkan, nyatanya PSSI tidak pernah punya niat untuk melepaskan penggunaan APBD untuk sepakbola. PSSI sangat menikmati fasilitas ini, karena ini adalah dana instan, PSSI tidak peduli dengan kondisi klub yang sangat bergantung dengan APBD ini.

Bergulirnya LPI memaksa PSSI untuk dengan terpaksa mau berpikir penggunaan dana tanpa APBD, bahkan melalui kongresnya di Bali, PSSI mencanangkan tahun 2014 sebagai tahun bebas APBD.

Pertanyaannya adalah mengapa 2014? ISL yang didengung – dengungkan sebagai liga profesional sudah dijalankan sejak 10 tahun yang lalu. Lalu selama 10 tahun ini apa yang dilakukan PSSI? Sebuah keterpaksaan yang dilakukan PSSI untuk menyelamatkan muka walaupun sebenarnya PSSI sudah tidak punya muka.

Nampaknya tahun 2014 hanyalah jargon kosong, mendagri mulai tahun 2012 sudah akan melarang penggunaan APBD untuk sepakbola, tim – tim ISL maupun divisi utama tidak akan mampu bertahan tanpa APBD, tidak perlu menunggu 2014, 2012 saja nyaris semua tim ISL dan divisi utama akan bubar.

Agar tidak bubar, tim – tim ISL dan divisi utama bisa bergabung dengan LPI. Awal 2011 ini ada cukup banyak tim yang mengancam untuk pindah ke LPI. Persib, Deltras, Persela adalah contoh 3 klub yang berencana hengkang ke LPI tahun 2012.

Pembagian Saham ke Klub

Konsep LPI yang sangat menarik klub adalah pembagian saham. Yang mana klub memiliki sebagian besar saham. Dengan pembagian saham ini, dipastikan klub akan memperoleh pendapatan yang tidak sedikit. Belum lagi pendapatan dari hak siar, sponsorship dan lain – lain.

PSSI nampaknya akan meniru konsep ini, tetapi dengan setengah hati. Kata ketua umumnya yang seorang koruptor, saham 99% akan diberikan kepada klub. Tetapi walaupun PSSI hanya punya 1% saham, tetapi ssaham ini adalah golden share, semua keputusan tetap milik PSSI. Pembagian saham macam apa ini? Sebuah akal-akalan PSSI agar klub senang, padahal nyatanya tidak ada sharing apapun. Klub – klub dibodohi oleh PSSI.

Pembenahan Wasit

Sebuah lagu lama, bahwa banyak klub merasa sering dikerjai wasit. Rumor wasit bisa dibeli bkanlah sesuatu yang aneh di liga PSSI. Bahkan tim yang akan menjadi juara dan terdegradasi sudah disetting dari awal kompetisi. Paling tidak ini yang diakui oleh Tim Perseta Tulungagung.

Pelatih Bontang FC, Fachri Hsaini dan manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar mengakui bahwa wasit LPI jauh lebh baik.

Apakah mampu PSSI membenahi kondisi perwasitan ini? Sangat diragukan. Karena internal PSSI sendiri cukup banyak masalah. Termasuk ketua umumnya yang sarat masalah. Tidak ada sapu yang kotor bisa membersihkan lantai kotor.

PSSI memang harus direvolusi. Kongres PSSI di Bali dan dilanjutkan di Pulau Bintan, tidak bisa memberikan harapan terhadap perbaikan sepakbola Indonesia.

Mengutip Mr. Pecut Jawa Pos hari Minggu 23 Januari 2011, Kongres PSSI di Bali bukanlah kongres, tetapi arisan badut. Badut – badut PSSI dan boneka Nurdin Halid.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pusat Perhatian

Kaos dan kerajinan Flanel, Lucu, menarik dan cocok untuk buah hati anda, atau bagi anda yang membutuhkan suvenir untuk acara-acara anda. Klik di sini : flanelcrafts


jual hidrogel media tanam pulsa termurah di Indonesia

Bidvertisers

uang mengalir     uang mengalir

Blog Stats

  • 28,422 hits

Top Clicks

  • Tak ada
%d blogger menyukai ini: