Semua tentang Opini Saya

Makna Minal Aidin Wal Faidzin

Posted on: 14 September 2010

Selama lebaran kemarin kita sering sekali mengucapkan kata yang satu ini, Minal Aidin Wal Faidzin. Bukan sesuatu yang aneh memang, tetapi aneh jika kita dalami lebih lanjut. Rata – rata, bahkan hampir semua, yang mengucapkan kalimat ini tidak tahu apa arti atau maksud dari kalimat ini.
Ada yang mengatakan Selamat idul fitri, ada yang mengatakan mohon maaf lahir bathin dan lain – lain. Saya pribadi walaupun tidak seratus persen memahami maksud kata – kata ini tetapi tahu bahwa artinya bukan itu.
Dengan sedikit pengetahuan dari sekolah di madrasah ibtidaiyah ( sekolah setara SD ) dulu dan cari referensi di sana sini. Akhirnya saya tahu maksudnya.
Apalagi pada hari Ahad malam ada acara di TVONE yang mengadirkan Ary Ginanjar (Pendiri ESQ), saya akhirnya paham benar maksudnya. Untuk itu saya ingin berbagi pengetahuan kepada semuanya agar sama sama paham makna dari kalimat tersebut.
Minal Aidin Wal Faidzin arti harfiahnya adalah Dari Kembali dan Kemenangan. Maksudnya adalah selama ini kita berjuang dan berperang melawan hawa nafsu selama ramadhan. Setelah ramadhan berakhir kita telah kembali fitri ( arti dari Idul Fitri, Kembali Fitri, Kembali Suci bersih), kita kembali dengan menggenggam kemenangan melawan Hawa Nafsu, Hawa Nafsu telah kita kalahkan.
Setelah mengalahkan hawa nafsu (notabene adalah mengalahkan diri sendiri), Kini saatnya kita memohon maaf kepada semua yang pernah kita “cederai” karena hawa nafsu kita tersebut. Oleh karena itu setelah kita mengucapkan Minal Aidin Wal Faidzin, selalu dibarengi dengan kalimat Mohon Maaf Lahir dan Bathin.
Tetapi yang perlu diingat, kita hanya perlu menyampaikan kalimat Minal Aidin Wal Faidzin kepada orang yang selama Ramadhan menjalankan ibadah puasa saja, karena kalimat ini hanya layak diberikan kepada yang berpuasa sebagai ungkapan rasa bahagia dan syukur kepada Allah SWT. Sementara bagi yang kita ketahui di bulan Ramadhan tidak menjalankan ibadah puasa, kita hanya mengucapkan Mohon Maaf Lahir Bathin.
Demikian sedikit uraian atas makna kalimat Minal Aidin Wal Faidzin, mudah – mudahan bermanfaat bagi kita semua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pusat Perhatian

Kaos dan kerajinan Flanel, Lucu, menarik dan cocok untuk buah hati anda, atau bagi anda yang membutuhkan suvenir untuk acara-acara anda. Klik di sini : flanelcrafts


jual hidrogel media tanam pulsa termurah di Indonesia

Bidvertisers

uang mengalir     uang mengalir

Blog Stats

  • 28,422 hits

Top Clicks

  • Tak ada
%d blogger menyukai ini: