Semua tentang Opini Saya

Ujian Nasional, Ujian Bohong – bohongan

Posted on: 1 Mei 2010

Kelar sudah hingar bingar ujian nasional. Pengumuman sudah disampaikan kepada masing – masing siswa. Banyak cerita yang mengiringi ujian nasional. Ada suka ada duka.

Saya hanya akan ceritakan hal yang sulit dibuktikan, tapi nyata adanya. Yaitu model ujian tipu – tipu. Kenapa disebut tipu – tipu? karena banyak terjadi kebohongan dan kecurangan di sana sini.

Tetangga saya secara mengejutkan menjadi salah satu yang terbaik nilainya tingkat SMK di Kota Mojokerto, padahal sejak SD sampai SMK dia bukanlah termasuk anak yang pandai, walaupun tidak bodoh. Usut punya usut ternyata dia mendapat “bocoran” jawaban ujian. ENtah dari mana.

Lain lagi cerita di sebuah SMA swasta favorit di kota Mojokerto, ada 3 anak yang tidak lulus di sekolah ini, kenapa sampai tidak lulus? Alasannya karena sepele, ketiganya salah persepsi. Seharusnya “bocoran” jawaban ditulis urut ke bawah, ternyata dia tulis urut ke kanan. Lagi – lagi saya tidak tahu, dari mana bocoran jawaban tersebut.

Masih di sekolah yang sama, siswa tetangga saya sama sekali tidak pernah belajar malam sebelum ujian dan saya tahu persis hal tersebut karena saya sering tanyakan. Jawabannya sangat ringan, toh nanti juga akan lulus dan ada yang bantu.

Cerita lain datang dari seorang guru SMP di kabupaten Mojokerto. Saya sempat tanya, apa yang anda lakukan jika anda tahu ada siswa yang nyontek? Jawabannya dengan enteng mengatakan, harap jangan berisik, tanpa ada tindakan apapun. Jika dia berlaku ketat ketika jadi pengawas di sekolah lain, dia khawatir siswa di sekolahnya akan diperlakukan sama dengan yang dia lakukan. Di sini berlaku simbiosis mutualisme antar sekolah. Jika dia “berlaku baik” di sekolah lain, maka sekolah lain juga akan “berlaku baik”. Semua sudah tahu sama tahu. Tentu ada pengawas independen dari LSM atau perguruan tinggi, tetapi sama sekali tidak efektif karena pengawas ini hanya melihat “sesaat”.

Masih banyak cerita lain dengan berbagai macam versi, tetapi intinya sama, semuanya merujuk kepada kebohongan dan akal – akalan agar bisa lulus ujian nasional dengan mudah. Tetu tidak semua sekolah berlaku curang seperti di atas, tetapi banyak juga yang melakukan segala cara agar “reputasi” sekolah tetap terjaga. Ujian nasional sebagai sarana mewujudkan siswa dan sekolah berkualitas, dengan mudahnya diakali dan dibohongi, bahkan salah satu pelakunya adalah guru. Guru macam apa ini? Mau dibawa kemana Indonesia dengan model guru seperti ini?

Tentu anda punya pengalaman sendiri berkaitan dengan ujian nasional, saya berharap anda bisa berbagi di sini dengan kami.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pusat Perhatian

Kaos dan kerajinan Flanel, Lucu, menarik dan cocok untuk buah hati anda, atau bagi anda yang membutuhkan suvenir untuk acara-acara anda. Klik di sini : flanelcrafts


jual hidrogel media tanam pulsa termurah di Indonesia

Bidvertisers

uang mengalir     uang mengalir

Blog Stats

  • 28,422 hits

Top Clicks

  • Tak ada
%d blogger menyukai ini: