Semua tentang Opini Saya

Anggaran pendidikan meningkat, kualitas pendidikan meningkat

Posted on: 8 April 2010

Beberapa hari yang lalu, kami berbincang – bincang dengan seorang guru PNS dari sebuah SMA di Mojokerto. Sebenarnya banyak yang dibicarakan, tetapi satu yang menjadi perhatian saya, yaitu peningkatan anggarann pendidikan.

Menurut Bapak guru tersebut, dengan meningkatnya anggaran pendidikan secara signifikan, tidak akan otomatis meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Kenapa?

Ya, karena kualitas SDM dan kualitas sumber daya lainnya saat ini sangat tidak mendukung akan hal tersebut. Misalnya Guru, sudah menjadi rahasia umum bahwa sejak era orde baru, posisi pendidikan menjadi termarginalkan karena kebijaksanaan pemerintah yang tidak mendukung pendidikan. Akibatnya adalah gaji dan kesejahteraan guru menjadi sangat kurang.

Implikasi dari hal tersebut adalah akhirnya banyak di antara Sumber Daya Manusia Indonesia yang nyaris tidak mau menjadi guru karena dianggap profesi yang tidak bisa memberikan kesejahteraan.

banyak anak SMA yang memilih jalur di luar pendidikan ( data ini bisa di lihat di SPMB atau UMPTN), jika mereka akhirnya memilih jalur kependidikan itu bukan karena pilihan mereka, tetapi lebih banyak karena sudah tidak punya pilihan lain. Sehingga kualitas lulusan SMA yang masuk jalur kependidikan adalah anak – anak SMA yang paling rendah kualitasnya dibanding yang masuk jalur lain.

Kondisi saat ini adalah akibat langsung dari persoalan di atas. Masih menurut Bapak Guru tadi, Guru – guru honorer yang masuk database yang akan diangkat menjadi PNS adalah guru – guru dengan kualitas yang sangat tidak memadai. Tetapi karena pengabdian mereka yang sudah lama, bahkan puluhan tahun, mereka akhirnya masuk database tenaga honorer.

Nah, dengan kondisi SDM yang seperti di atas, akankah bisa meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Tidak !!! Minimal belum dalam waktu dekat ini.

Lalu selanjutnya bagaimana?
Dengan gebrakan pemerintah saat ini yang meningkatkan anggaran pendidikan secara signifikan, hal ini berimbas langsung terhadap gaji dan kesejahteraan guru. Gaji guru saat ini tidak kalah dengan pegawai – pegawai di tempat lain, bahkan terhadap gaji karyawan swasta.

Dengan peningkatan kesejahteraan guru, maka sekarang ini banyak anak – anak lulusan SMA yang mulai melirik kependidikan sebagai profesi yang dianggap menjanjikan. Tidak terkecuali anak – anak SMA yang berkualitas. Dengan kondisi ini, maka diharapkan dalam waktu paling tidak 10 tahun ke depan, dengan kualitas guru yang jauh lebih baik, maka pendidikan di Indonesia juga diharapkan akan meningkat kualitasnya.

Kesimpulannya adalah, dengan meningkatnya anggaran pendidikan yang signifikan, tidak akan serta merta meningkatkan kualitas pendidikan. Masih membutuhkan waktu 5 – 10 tahun ke depan agar hasilnya benar – benar kelihatan.

Bagi kita yang berkecimpung di dunia pendidikan, paling tidak kita bisa memberikan sumbangan saran dan pemikiran bagaimana agar pendidikan kita benar – benar maju untuk masa depan anak cucu kita nantinya. Jangan biarkan anggaran pendidikan yang sangat besar ini hanya untuk dikorupsi sebagian oknum di negeri kita tercinta ini.

Sumber : http://personawiyata.web.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pusat Perhatian

Kaos dan kerajinan Flanel, Lucu, menarik dan cocok untuk buah hati anda, atau bagi anda yang membutuhkan suvenir untuk acara-acara anda. Klik di sini : flanelcrafts


jual hidrogel media tanam pulsa termurah di Indonesia

Bidvertisers

uang mengalir     uang mengalir

Blog Stats

  • 28,422 hits

Top Clicks

  • Tak ada
%d blogger menyukai ini: