Semua tentang Opini Saya

Ballmer: Bing akan Jadi Nomor Satu. Mimpi yang terlalu jauh

Posted on: 6 April 2010

Saat disinggung perihal mungkinkah Bing menggusur dominasi Google, Steve Ballmer menjawab, “Tidak ada jawaban yang bagus untuk pertanyaan ini. Jika menjawab ‘ya’ kesannya arogan. Tapi kalau menjawab ‘tidak’, kesannya senang dengan posisi kedua. Tidak ada seorang pun yang mau jadi nomor dua, jadi jawabannya ‘ya’.”

Namun, Ballmer tidak berani memastikan kapan itu akan terjadi. Menurutnya tidak ada target pasti, bisa jadi 10 atau 20 tahun lagi. Ballmer menekankan bahwa saat ini yang penting mereka terus berusaha.

Menurut Ballmer, kenapa Google lebih unggul dibanding Bing, ini semua karena Google telah berkecimpung di bisnis pencarian terlebih dulu.

“Kami mulai belakangan. Ini menguntungkan incumbent,” tandas Ballmer.

Bing memang terus berusaha untuk ‘mencuri’ pangsa pasar Google. Salah satu cara untuk menggempur Google adalah dengan menyatukan kekuatan dengan Yahoo.

Sebenarnya jika dikatakan “mulai belakangan” tentu sama sekali tidak benar, Microsoft Sejak lama mengusung MSN untuk bersaing dengan Google, tetapi tetap saja kalah. Begitu juga dengan Yahoo!, sebagai mesin pencari, Yahoo! malah hadir lebih dulu dengan konsepnya yang all in one, tetapi konsep itu ternyata kalah dengan google yang mengutamakan kesederhanaan.

Jika kemudian MSN digabung dengan Yahoo! menghasilkan Bing untuk menyaingi Google, saya pikir terlalu jauh. Aliansi Microsoft dan Yahoo! hanyalah aliansi para pecundang yang kalah bersaing. Mereka ingin mengeroyok Google.

hanya saja, dari kehadiran Bing yang hanya disambut “biasa – biasa saja”, nampaknya mimpi Bing untuk minimal sejajar dengan Google masih jauh. Bahkan mungkin masih sebatas mimpi, apalagi dengan banyaknya inovasi Google yang terus – menerus menelurkan produk baru.

Apa produk baru Microsoft dan Yahoo!? Nyaris tidak terdengar. Inovasi adalah kunci saat ini, jika google saat ini menjadi raja, itu karena mereka adalah inovator ulung.

Siapapun nantinya yang bisa “menggulung” google, mereka adalah inovator sejati. Mereka yang menelurkan produk baru, yang tentu saja harus lebih menarik dari apa yang dihadirkan oleh google saat ini. Apakah itu Microsoft? atau Yahoo!? Nampaknya dua perusahaan ini bukan bagian dari hal tersebut. Dari grafiknya, Microsoft dan Yahoo! adalah perusahaan yang sudah melewati titik puncak popularitas dan tentu saja pendapatan, saat ini hanya tinggal grafik penurunan saja.

Tags: google, microsoft, persaingan, steve ballmer, yahoo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pusat Perhatian

Kaos dan kerajinan Flanel, Lucu, menarik dan cocok untuk buah hati anda, atau bagi anda yang membutuhkan suvenir untuk acara-acara anda. Klik di sini : flanelcrafts


jual hidrogel media tanam pulsa termurah di Indonesia

Bidvertisers

uang mengalir     uang mengalir

Blog Stats

  • 28,422 hits

Top Clicks

  • Tak ada
%d blogger menyukai ini: