Semua tentang Opini Saya

Opera turbo tidak berjalan di netbook saya

Posted on: 22 Maret 2010

Informasi yang saya baca, fitur turbo pada opera bisa mempercepat koneksi yang lambat. Dari blog opera disebutkan sebagai berikut:

“Opera Turbo baru saja diluncurkan hari ini. Opera Turbo telah mengubah pengalaman penjelajahan berinternet dengan menggunakan Opera dan mengurangi pemakaian bandwidth hingga 80%. Browsing di area dengan jaringan internet yang terbatas pun kita bukan menjadi suatu hambatan.

Opera Turbo ini dapat bekerja pada berbagai koneksi, namun perbedaan mencolok akan terlihat di bawah situasi dengan bandwidth rendah, misal pada koneksi jaringan WiFi yang sedang sibuk, atau koneksi melalui ponsel. Selain itu, biaya akses internet menjadi lebih murah ketika Opera Turbo diaktifkan.”

Saya cuplikkan dari blog lain, informasinya seperti ini:

Pengguna internet yang merasa koneksinya lemot alias lambat boleh jadi akan menyambut gembira browser baru dari Opera Software. Bernama Opera Turbo, browser ini menjanjikan kecepatan tinggi meski koneksi ‘menyedihkan’.

Opera Turbo versi uji coba telah diumumkan Opera Software. “Dengan Opera Turbo, dapat mempercepat pengalaman penjelajahan Internet menggunakan Opera dan mengurangi pemakaian bandwidth hingga 80%.

Agar mencapai kecepatan yang lebih baik, Opera Turbo menggunakan sistem kompresi. Mungkin pengguna Opera Mini akan akrab dengan teknologi kompresi seperti yang digunakan pada browser untuk ponsel tersebut. Namun, seperti diungkapkan Roberto Mateu dari Opera Labs, teknologi yang digunakan dalam Opera Turbo berbeda.

“Turbo menggunakan teknologi bernama ‘Opera Web Optimization Proxy’ yang berbeda dengan ‘Opera Binary Markup Language’ pada Opera Mini. Layout situs dan teks akan terlihat sama, namun resolusi gambar mungkin terlihat rendah akibat kompresi,” tutur Mateu.

Dalam rangka mempercepat akses web, Opera Turbo juga tidak otomatis mengunduh konten plugin tertentu. Ajax dan Flash tetap didukung oleh Opera Turbo, namun konten plugin tertentu menurut Mateu akan terbuka setelah kotak kosong yang tampil di-klik oleh pengguna.

Anissa mengatakan, Opera Turbo dapat bekerja pada berbagai koneksi namun perbedaan mencolok akan terlihat saat digunakan pada lingkungan dengan bandwidth rendah. Selain membantu mempercepat akses, Opera Turbo juga bisa menghemat biaya akses internet yang dihitung berdasarkan kilobyte.

Sejak lama saya menggunakan opera karena bagi saya ini opera adalah browser yang ringan, cepat aksesnya dan sederhana. Saat ini saya menggunakan opera 10.00.01, walaupun ada yang lebih baru, tetapi karena koneksi internet saya yang lambat, sehingga malas untuk melakukan update. Sementara OS yang saya gunakan adalah Windows XP Prof SP3. Untuk koneksi internet, saya menggunakan modem Venus VT-12 dilengkapi kartu starone unlimited max speed 153 kbps.

Jadi jelaskan mengapa koneksi internet saya lambat? Sehingga mempercepat koneksi internet adalah hal yang paling saya cari, oleh karena itu saya ingin sekali mencoba fitur baru opera, Turbo. Dari penjelasan yang saya baca di opera, cara mengaktifkannya cukup mudah, hanya dengan klik pada status bar paling kiri bawah status opera turbo aktif, dan klik lagi untuk menonaktifkan.

Dari petunjuk tersebut, saya coba untuk mengaktifkan opera turbo di netbook saya, dan hasilnya adalah …… ketika saya ketik alamat google.co.id, ternyata sama sekali tidak muncul apapun, layar opera saya kosong melompong. Ketika opera turbo saya nonaktifkan, baru logo google muncul di layar.

Pertanyaannya, ada apakah dengan opera saya? apa ada yang kurang dengan setting di opera? sehingga opera turbo tidak bisa berjalan dengan baik di netbook saya? Atau ada hal – hal yang saya kurang tahu? Mengingat setting yang saya terapkan ini juga tidak berjalan pada koneksi Wifi.

link terkait:
http://my.opera.com/id/blog/2009/03/13/opera-turbo
http://rifz357.wordpress.com/2009/03/17/koneksi-lemot-coba-ngebut-dengan-opera-turbo/

1 Response to "Opera turbo tidak berjalan di netbook saya"

iya.. saya juga tidak bisa menjalan kan opera turbonya.. selalu ada tulisan “opera turbo is currently not available” ketika turbo di jalankan.. solusinya gmn nih.. padahal internet saya lemot dan mahal..

Tinggalkan Balasan

Pusat Perhatian

Kaos dan kerajinan Flanel, Lucu, menarik dan cocok untuk buah hati anda, atau bagi anda yang membutuhkan suvenir untuk acara-acara anda. Klik di sini : flanelcrafts


jual hidrogel media tanam pulsa termurah di Indonesia

Bidvertisers

uang mengalir     uang mengalir

Blog Stats

  • 28,422 hits

Top Clicks

  • Tak ada
