Semua tentang Opini Saya

Menanam jamur tiram di sela – sela gudang rumah

Posted on: 15 Februari 2010

Beberapa waku yang lalu, ada informasi dari saudara bahwa tetangganya menanam jamur dan ternyata sukses. Tetapi sejauh mana suksesnya saya sendiri tidak tahu. Saya penasaran saja dengan informasi ini dan mencari tahu bagaimana cara menanam jamur yang baik dan benar.

Bukan untuk bisnis, tetapi lebih banyak sebagai upaya untuk memuaskan selera dan hobi berkebun. Sejak dulu saya sangat suka dengan hal – hal yang berbau tanaman, seperti menanam bunga dan berkebun. Hampir seluruh sudut tanah kosong di rumah dan sekitar rumah saya sudah penuh dengan tanaman dan bunga.

Sudah sejak lama saya tahu bahwa di samping rumah ada ruang kosong yang difungsikan mirip gudang, tempat ini masih banyak ruang kosong karena tidak banyak yang disimpan di sana. Dan sejak dulu saya ingin memanfaatkan ruangan ini, tetapi belum memiliki ide yang cocok. Mau ditanami bunga, jelas tidak mungkin, tidak ada sinar matahari di sana.

Sampai pada informasi tentang jamur inilah yang menurut saya paling tepat dijadikan pengisi ruang kosong di gudang. Setelah tanya om google, saya memperoleh cukup banyak informasi, sekarang tinggal prakteknya. Karena saya tinggal di Mojokerto, maka saya cari informasi penyedia bibit atau baglog (tempat persemaian jamur) yang dekat dengan saya. Akhirnya ketemu informasi kontak dari Ibu Liana dari Pacet.

Setelah telpon cukup lama, karena sambil tanya informasi macam – macam tentang jamur. AKhirnya saya beli juga bibit jamur yang sudah siap dalam bentuk baglog sehingga tinggal tunggu saja munculnya jamur. Tidak banyak, hanya 20 baglog.

Sesampai di rumah, baglog langsung saya masukkan gudang dan di tata sedemikian rupa. Kurang lebih 3 minggu saya menunggu, batang jamur mulai muncul dari 2 baglog, 3 hari berikutnya sudah bisa di panen, lumayan juga.

Bisa tidak ya jika jamur tiram ini diseriusi menjadi sebuah bisnis? mengingat sudah banyak yang membudidayakannya. Ragu juga saya, kuatir merugi jika tidak melalui pertimbangan yang matang.

Tinggalkan Balasan

Pusat Perhatian

Kaos dan kerajinan Flanel, Lucu, menarik dan cocok untuk buah hati anda, atau bagi anda yang membutuhkan suvenir untuk acara-acara anda. Klik di sini : flanelcrafts


jual hidrogel media tanam pulsa termurah di Indonesia

Bidvertisers

uang mengalir     uang mengalir

Blog Stats

  • 28,422 hits

Top Clicks

  • Tak ada
