Semua tentang Opini Saya

Lestarikan Pembajakan

Posted on: 22 April 2009

Membaca ulasan di sebuah majalah komputer beberapa waktu yang lalu, yang mengulas tentang pembajakan software. Sudah sejak lama dan sampai saat ini marak sekali pembajakan software, bahkan indonesia, konon merupakan negara ketiga pembajak software terbesar di Dunia. Produk Microsoft adalah yang paling banyak dibajak di Indonesia.

tetapi menurut saya, pembajakan adalah awal dari kebesaran sebuah produk. Lihat saja, siapa yang kenal Inul Daratista? setelah produk VCD bajakannya beredar luas, maka nama Inul juga semakin berkibar. Lagu – lagu grup band Indonesia, jika tidak dibajak dan diconvert menjadi mp3, tentu tidak akan banyak dikenal grup band tersebut.

Microsoft pun demikian, jika produknya tidak dibajak besar – besaran, pasti produknya tidak akan berkembang luas di Indonesia. Oleh karena itu, Microsoft harus berterima kasih kepada para pembajak softwarenya di Indonesia. Karena berkat peran pembajak software, produk Microsoft menjadi nomor satu di Indonesia.

Bagi produsen software atau grup band yang ingin dikenal, saran saya, produk anda jangan diberikan secara gratis, tetapi biarkanlah produk anda dibajak. Justru karena ada pembajakanlah anda bisa mengetahui bahwa produk anda memang layak jual dan dibutuhkan orang lain. Jika anda tidak rela produk anda dibajak, maka bersiap – siaplah untuk gulung tikar.

Kita harus memandang dari sisi positif adanya pembajakan ini. Tidak selalu pembajakan berarti jelek, tetapi banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari pembajakan ini.

Bagi yang getol kampanye HAKI (Hak Kekayaan Intelektual), mulai sekarang berhentilah berkampanye. Kampanye anda hanyalah sia – sia belaka. Justru akan banyak orang yang akan sangat senang jika produknya dibajak.

Siapa bilang pembajakan merugikan dan menurunkan kreatifitas intelektual? Yang mengatakan itu adalah orang yang sama sekali tidak mempunyai intelektualitas, walaupun mengaku intelektual. Justru pembajak adalah orang – orang yang sangat kreatif, mereka menggunakan intelektualitasnya untuk membajak.

Siapapun yang kampanye HAKI, mereka adalah orang – orang yang bermotif ekonomi sempit belaka, tidak ada maksud lain. Mereka khawatir akan sumber penghidupannya jika produknya dibajak. Padahal justru produknya akan sangat laris manis kalau sudah banyak yang membajak, karena akan banyak orang yang akan mencari versi original dari produk tersebut, itu berarti sumber kehidupan baru yang jauh lebih luas.

https://opinisaya.wordpress.com

1 Response to "Lestarikan Pembajakan"

Padahal hanya sebatas Nyooting, tapi sebagaian besar opini mengatakan yang membajak. justru tukang shootingnya. boro2 membajak. garapan editan hasil shooting aja banyak yang belum rampung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pusat Perhatian

Kaos dan kerajinan Flanel, Lucu, menarik dan cocok untuk buah hati anda, atau bagi anda yang membutuhkan suvenir untuk acara-acara anda. Klik di sini : flanelcrafts


jual hidrogel media tanam pulsa termurah di Indonesia

Bidvertisers

uang mengalir     uang mengalir

Blog Stats

  • 28,422 hits

Top Clicks

  • Tak ada
%d blogger menyukai ini: