Semua tentang Opini Saya

BBM turun lagi …..

Posted on: 15 Desember 2008

Berlaku sejak Dini Hari Tadi, Bensin Rp 5.000, Solar Rp 4.800

JAKARTA – Janji Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk kembali menurunkan harga BBM akhirnya ditepati. Mulai pukul 00.00 dini hari tadi, pemerintah memberlakukan harga baru untuk bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar.

Harga baru premium (bensin) saat ini Rp 5.000 per liter. Padahal, pada 1 Desember lalu pemerintah baru saja menurunkan harga premium dari Rp 6.000 menjadi Rp 5.500. Harga solar hari ini juga turun. Penurunannya Rp 700 per liter, dari Rp 5.500 menjadi Rp 4.800. Harga minyak tanah tetap Rp 2.500 per liter.

Jika selama ini kenaikan harga BBM selalu diumumkan oleh Menkeu di Departemen Keuangan, kali ini SBY melaksanakan sendiri di Istana Presiden. SBY mengumumkan bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla setelah rapat kabinet terbatas di Kantor Presiden sore kemarin (14/12).

“Terkait inflasi, kita memutuskan berapa harga BBM yang tepat dan pantas. Saya sudah mengambil keputusan untuk menurunkan harga premium dan solar,” ujar SBY.

Dari hasil exercise yang dilakukan pemerintah, lanjut dia, penurunan harga BBM yang paling pas Rp 500 untuk premium dan Rp 700 untuk solar. ”Khusus premium, kalau dihitung sejak sebelum Desember, berarti turunnya Rp 1.000,” katanya.

Pelaksana Jabatan Menko Perekonomian Sri Mulyani Indrawati mengatakan, harga BBM jenis premium dan solar diturunkan karena harga minyak mentah dunia merosot tajam. Harapannya, inflasi turun 0,3 persen-0,5 persen. ”Kalau inflasi turun, daya beli masyarakat bisa terjaga,” imbuh Sri Mulyani.

Bagaimana jika harga minyak mentah dunia kembali naik? Sri Mulyani yang juga menteri keuangan mengatakan, pemerintah juga menetapkan harga maksimal premium dan solar sebagai antisipasi jika harga minyak mentah dunia naik. ”Harga jual premium maksimal Rp 6.000 dan solar di atas Rp 5.500. Tidak boleh lebih dari itu,” bebernya.

Harga maksimal BBM premium dan solar ditetapkan agar masyarakat dan dunia usaha memperoleh kepastian. Dengan begitu, ketika harga minyak mentah dunia bergerak naik, tidak terjadi kepanikan.

Opini saya:
ini baru bener. Dari dulu di tunggu gak turun – turun. Turun pun tidak sesuai dengan harapan, sekarang baru lumayan.
Momentum penurunannya pun lumayan tepat, langsung turun pada jam 24.00, biar pengusaha BBM tidak bisa main – main lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pusat Perhatian

Kaos dan kerajinan Flanel, Lucu, menarik dan cocok untuk buah hati anda, atau bagi anda yang membutuhkan suvenir untuk acara-acara anda. Klik di sini : flanelcrafts


jual hidrogel media tanam pulsa termurah di Indonesia

Bidvertisers

uang mengalir     uang mengalir

Blog Stats

  • 28,422 hits

Top Clicks

  • Tak ada
%d blogger menyukai ini: