Semua tentang Opini Saya

Sertifikasi komputer online, efektifkah?

Posted on: 11 September 2008

Saat ini beberapa website menawarkan sebuah terobosan baru untuk memberikan sertifikat pengetahuan dan kemahiran bidang IT / Komputer secara online.
Secara ide, hal ini merupakan hal baru dan merupakan terobosan menarik, tetapi apakah hal itu efektif bagi yang membutuhkan dan sejauh mana “kualitas” dari sertifikat tersebut sehingga layak dipercaya sebagai sertifikat yang diakui?
hal ini mungkin terasa masih cukup jauh untuk dipandang sebagai sesuatu yang layak, kenapa?
Pengetahuan dan keterampilan IT / Komputer bukanlah materi hafalan atau teori semata, tetapi jauh lebih dari itu, yaitu Pengetahuan dan keterampilan IT / Komputer merupakan keterampilan praktis aplikatif, sehingga sulit untuk menilai seseorang telah menguasai sebuah materi IT tanpa pernah mengetahui praktek sebenarnya.
Misalnya, Keterampilan mengetik Microsoft Word, mungkin secara teori bisa dihafalkan lewat buku, bahkan waktu ujian bisa nyontek sedemikian rupa sehingga nilainya baik. tetapi bagaimana dengan prakteknya?
Pengalaman kami selama ini dalam mengajar materi Microsoft Word, bahwa siswa yang mampu dan baik dalam hal teori, ternyata tidak menjamin bahwa siswa tersebut mampu juga dalam hal praktek. Ini untuk materi penglah kata yang relatif tanpa banyak melakukan perhitungan dan sesebagianya, bagaimana dengan materi yang lain? Tentu akan jauh lebih rumit dan kompleks. Misalnya Desain Grafis, Pemrograman dan lain – lain, sama sekali tidak cukup hanya dengan teori, harus dengan praktek, bahkan kalau bisa porsi praktek minimal 80% dibandingkan dengan teori agar pemahaman siswa lebih nyata.
Sehingga menurut kami, pemberian sertifikat sebuah materi IT tanpa mengetahui kemampuan praktis aplikatifnya, kami pikir terlalu dini. Mungkin harus ada mekanisme lain agar sertifikat tersebut tetap dapat diberikan, tetapi tetap dapat memantau kemampuan praktek dari siswa yang bersangkutan.
Belum lagi kemungkinan adanya Joki, orang yang mengerjakan tugas ujian dengan mengatasnamakan orang lain, siapa yang bisa menjamin?
dan beberapa hal lain yang kami pikir, bahwa sertifikasi online untuk materi IT terlalu dini diberikan dan terlalu memaksakan diri untuk diberikan tanpa mengetahui kemampuan praktis aplikatifnya.
Mudah – mudahan bisa menjadi koreksi bagi pihak – pihak yang berkepentingan untuk dapat memperbaiki sistem yang ada agar lebih baik lagi.

3 Tanggapan to "Sertifikasi komputer online, efektifkah?"

Ok juga blog ini…
Jangan lupa kunjungi saya

dimana tuh alamatnya…
aku bisa komputer tapi ga punya sertifikat…

jadi kadang jadi sandungan juga
add fbnya juga yawh
http://www.facebook.com/kucing.genit

bagus boz……….. satuju………..!!!!!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Pusat Perhatian

Kaos dan kerajinan Flanel, Lucu, menarik dan cocok untuk buah hati anda, atau bagi anda yang membutuhkan suvenir untuk acara-acara anda. Klik di sini : flanelcrafts


jual hidrogel media tanam pulsa termurah di Indonesia

Bidvertisers

uang mengalir     uang mengalir

Blog Stats

  • 28,422 hits

Top Clicks

  • Tak ada
%d blogger menyukai ini: