Semua tentang Opini Saya

Pelayanan Samsat Mojokerto : Ok banget gitu loh …

Posted on: 21 Oktober 2008

Minggu kemarin, sekitar tanggal 17 okt 08, saya mengurus perpanjangan atau pembayaran pajak atas sepeda motor yang tiap hari menemani saya kerja.
Sebenarnya saya tidak berniat untuk mengurus sendiri, karena selama ini diuruskan orang lain. Maklum karena merasa urusan seperti itu bagi saya agak ribet dan membuang – buang waktu. tetapi karena orang yang biasa mengurus STNK saya sakit, sehingga terpaksa saya mengurus sendiri.
Itung – itung mencoba dan kepingin tahu bagaimana samsat sekarang, dan kebetulan samsat Mojokerto barusan pindah dari Jl RA Basuni Sooko ke Jl Jayanegara.
Kesan pertama agak bingung juga, maklum belum tahu prosedurnya dan belum pernah mengurus hal – hal seperti itu. tetapi dengan sedikit longak – longok dan tanya sana sini, bisa juga.
Pertama “harus” beli stofmap dengan logo Primkoppol yang letaknya di sudut belakang selatan kantor samsat, Rp. 2.000,- harganya.
Langkah selanjutnya adalah mengambil formulir pernyataan bahwa data yang diberikan benar adanya, letaknya di luar gedung utama samsat. Di isi dan masuk ke gedung utama untuk menuju ke loket pertama.
Agak bingung juga di dalam, masalahnya di loket pertama ternyata bukan tujuan pertama, tetapi di sebelahnya yang harus dituju, ada petugas penerima berkas. Untung ada petugas wanita yang berselempang “Pelayanan Simpatik” yang cukup membantu. Setelah menyerahkan berkas, menunggu sekitar 5 – 10 menit, nama saya dipanggil di loket pertama. Ini yang dinamakan loket pertama, padahal tidak benar – benar pertama.
Berkas BPKB sepeda motor saya dikembalikan di loket pertama ini, dan untuk selanjutnya saya disuruh menunggu lagi di loket kedua untuk melakukan pembayaran. Sambil menunggu, saya gunakan untuk lihat – lihat sekitar kantor samsat. Lumayan juga, kantor samsat sekarang luas, ruang tunggunya juga nyaman, ber- AC lagi. Tidak salah deh kalau pindah untuk pelayanan yang lebih baik.
Di papan dekat loket kedua, tertulis perpanjangan STNK setiap tahun hanya memerlukan waktu maksimal 30 menit ! Dalam batin saya, bener gak ini? Saya tunggu saja.
Saya mulai masuk dan mengurus dokumen kurang lebih jam 10.30, itu artinya kalau tulisan di papan tersebut benar, berarti saya urusan saya akan selesai jam 11.00. Di tunggu saja. Sambil menunggu, saya baca – baca lagi banyak hal di ruangan tersebut. Bahwa samsat telah memperoleh sertifikat ISO 9001:2000 untuk pelayanannya, sangat ingin saya buktikan.
Saya juga membaca, kalau mengurus SIM baru biayanya Rp. 60.000,- dan perpanjangan SIM hanya Rp. 50.000,- . Wah Bener gak nih? Bulan Desember depan, saya mengurus perpanjangan SIM. Harus dibuktikan hal ini.
Sekitar pukul 10.50, nama saya dipanggil di loket kedua untuk melakukan pembayaran. Kurang lebih 1 – 2 menit selesai pembayaran. Saya diminta datang ke bagian stempel STNK untuk pengesahan. Saya datang, dan langsung stempel ! Selesai urusan.
Saya lihat jam di HP saya menunjukkan pukul 10.55, ini berarti samsat membuktikan komitmennya ! Maksimal 30 menit urusan selesai. dan urusan saya selesai hanya 25 menit saja ! Bravo samsat Mojokerto ! Tingkatkan terus pelayananmu ! Salut untuk SAMSAT Mojokerto !!
tetapi dari segala kebaikan ini ini, ada sedikit catatan untuk samsat Mojokerto agar pelayanannya lebih baik lagi.
Pertama, kenapa perlu membeli stofmap yang ada tulisan primkoppol ? Walaupoun hanya dua ribu rupiah, ini agak “patut dipertanyakan”, apalagi tempatnya di pojok selatan dan seperti sengaja “disembunyikan”. Ada apa? Apa tidak boleh membawa stofmap sendiri?
Kedua, pengambilan formulir pernyataan bahwa data yang diisikan benar, kenapa loketnya ditaruh di luar? apa tidak sebaiknya di dalam ruang utama saja? Berdekatan dengan loket pertama? Agak aneh ini. Toh hanya untuk mengambil 1 buah formulir saja koq, atau malah formulirnya di taruh saja di suatu tempat, biar masyarakat mengambil sendiri, kan sama saja, kenapa harus ditaruh luar dan ada satu orang yang menyerahkan formulir tersebut. Apa peran orang ini?

Ok lah, dari hal – hal tersebut, saya bisa memberikan penilaian, jika skor nya antara 0 sampai 100, nilai samsat mojokerto dalam pelayanan adalah sekitar 85. Nilai A untuk samsat mojokerto.

Sekarang tinggal menunggu proses perpanjangan SIM desember depan, benarkah hanya Rp. 50.000,- ? Pengalaman saya lima tahun yang lalu, pengurusan SIM membutuhkan biaya Rp. 175.000,- Koq sekarang hanya Rp 50.000,- ? Nyaris saya tidak percaya, makanya saya butuh bukti !

Tunggu kabar dari saya di bulan Desember – Januari depan.

Berikan Balasan

Pusat Perhatian

Kaos dan kerajinan Flanel, Lucu, menarik dan cocok untuk buah hati anda, atau bagi anda yang membutuhkan suvenir untuk acara-acara anda. Klik di sini : flanelcrafts


jual hidrogel media tanam pulsa termurah di Indonesia

Bidvertisers

uang mengalir     uang mengalir

Blog Stats

  • 24,061 hits

Top Clicks

  • Tidak ada
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

